Minggu, 24 Juli 2016

analisis produk cimory yoghurt drink

MAKALAH MANAJEMEN PEMASARAN
“ANALISIS PRODUK CIMORY YOGHURT DRINK

Disusun Oleh :
Diah Puji Astuti                        (3311030005)








AMIKOM CIPTA DARMA SURAKARTA
TAHUN ANGKATAN  2013/2014
KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr.wb
Puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan kepada kami sehingga dengan rahmat dan karunia Nya itu lah, Alhamdulillah kami telah dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “ANALISIS PRODUK CIMORY YOGHURT DRINK” dengan semaksimal mungkin. Kami sadar bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, karena kelemahan dan keterbatasan ilmu yang kami miliki, oleh sebab itu kami memberi kesempatan kepada pembaca untuk memberikan masukan baik berupa saran maupun kritik yang membangun guna kesempurnaan laporan ini dimasa yang akan datang. Akhir hanya kepada Allah kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khusus nya bagi kami. Aamiin.
Wassalamualaikum wr.wb



Surakarta, 05 Januari 2016


Penyusun



DAFTAR ISI
COVER ................................................................................................................   i
KATA PENGANTAR .........................................................................................  ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................   1
A.       Latar Belakang ............................................................................................   1
B.       Rumusan Masalah .......................................................................................   1
C.       Tujuan .........................................................................................................   1
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.........................................................................   2
A.       Bauran Pemasaran........................................................................................   2
B.       Stretegi Pemasaran STP ..............................................................................   3
BAB III PEMBAHASAN ..................................................................................   9
A.       Bauran Pemasaran(Marketing Mix) ............................................................   9
B.       STP(Segmenting,Targeting,Positioning)...................................................... 12
BAB IV PENUTUP ............................................................................................ 14
A.       Kesimpulan ................................................................................................. 14
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 15


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
PT. Cisarua Mountain Dairy yang aktif sejak tahun 2006 memiliki kemampuan dalam memasarkan produk-produknya. Beberapa produk yang dihasilakan salah satunya adalah Cimory Yoghurt Drink, produk ini merupakan produk andalan dari PT. Cimory. Produk yang telah dihasilkan kemudian dipasarkan, dalam memasarkannya PT.Cimory memiliki toko sendiri bernama Cimory Dairy Shop. Untuk lebih meluaskan pemasaaran produk, Yoghurt Drink juga dipasarkan  di mall seperti Botani Square yang merupakan salah satu mall di Kota Bogor.
Pada manajemen pemasaran kita mengenal yang disebut strategi pemasaran produk, strategi ini yaitu Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dan STP. Pada marketing mix kita melihat strategi pemasaran melalui Product, Price, Place, dan Promotion, atau kita biasa mengatakan dengan istilah 4P. Sedangkan pada STP kita melihatnya dari segi segmentasi, targeting, dan positioning. PT. Cimory juga telah menggunakan strategi Marketing Mix dan STP. Hal ini menjadi beberapa penelitian untuk para mahasiswa IPB.
B.       Rumusan Masalah
a.    Bagaimana mengidentifikasi Marketing Mix pada PT. Cimory?
b.    bagaimana mengidentifikasi STP pada PT. Cimory?
C.      Tujuan
1.      Mengetahui Marketing Mix pada PT.Cimory
2.      Mengetahui STP pada PT.Cimory




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.      Bauran Pemasran
Mc Carthy dalam Kotler dan Keller (2009:63) mengklasifikasikan Marketing Mix menjadi empat besar kelompok yang disebut dengan 4P tentang pemasaran yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi). Variabel pemasaran dalam setiap 4P ditunjukan di bawah ini:
1.         Product (produk).
Menurut Kotler dan Keller (2009) menyatakan bahwa produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Keputusan tentang produk ini mencakup penentuan bentuk penawaran secara fisik, merknya, pembungkus, garansi dan servis sesudah penjualan. Pengembangan produk dapat dilakukan setelah menganalisa kebutuhan dan keinginan pasarnya. Jika masalah ini telah diselesaikannya, maka keputusan-keputusan tentang harga, distribusi dan promosi dapat diambil.
2.         Price (Harga)
Menurut Kotler dan Keller (2009) menyatakan bahwa harga adalah elemen dalam bauran pemasaran yang tidak saja menentukan profitabilitas tetapi juga sebagai sinyal untuk mengkomunikasikan proporsi nilai suatu produk. Pemasaran produk perlu memahami aspek psikologis dari informasi harga yang meliputi harga referensi (reference price), referensi kualitas berdasarkan harga (prce-quality inferences)dan petunjuk harga (price clues).
Pada setiap produk atau jasa yang ditawarkan, bagian pemasaran berhak menentukan harga pokoknya. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga tersebut antara lain biaya, keuntungan, praktik saingan dan perubahan keinginan pasar. Kebijaksanaan harga ini menyangkut pula penetapan jumlah potongan, mark-up, mark-down, dan sebagainya.

3.         Place (Distribusi)
Ada tiga aspek pokok yang berkaitan dengan keputusan-keputusan tentang distribusi (tempat). Aspek tersebut adalah :
a.    Sistem transportasi perusahaan, termasuk dalam sistem ini antara lain keputusan tentang pemilihan alat transportasi (pesawat udara, kereta api, kapal, truk, pipa), penentuan jadwal pengiriman, penentuan rute yang harus ditempuh dan seterusnya.
b.    Sistem penyimpanan, dalam sistem ini bagian pemasaran harus menentukan letak gudang, jenis peralatan yang dipakai untuk menangani material maupun peralatan lainnya.
c.    Pemilihan saluran distribusi, menyangkut keputusan-keputusan tentang penggunaan penyalur (pedagang besar, pengecer, agen, makelar), dan bagaimana menjalin kerjasama yang baik dengan para penyalur tersebut.
4.         Promotion (Promosi)
Menurut Kotler dan Keller (2009 :510) menyatakan bahwa promosi adalah berbagai cara untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang suatu produk atau brand yang dijual.

B.       Strategi Pemasaran STP
Ada tiga elemen dalam strategi pemasaran yaitu segmenting, targeting dan positioning. Segmentasi pada dasarnya adalah suatu strategi untuk memahami struktur pasar. Sedangkan targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi dan menjangkau pasar. Setelah pasar sasaran dipilih, maka proses selanjutnya adalah melakukan positioning. Positioning pada dasarnya adalah suatu strategi untuk memasuki jendela otak konsumen. Positioning biasanya tidak menjadi masalah dan tidak dianggap penting selama barang-barang yang tersedia dalam suatu masyarakat tidak begitu banyak dan persaingan belum menjadi sesuatu yang penting. Positioning baru akan menjadi penting bilamana persaingan suda sangat sengit.
1.         Segmentasi
Kotler, mendefinisikan segmentasi pasar sebagai suatu proses untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang lebih homogen, dimana tiap kelompok konsumen dapat dipilih sebagai target pasar untuk dicapai perusahaan dengan strategi bauran pemasarannya, sedangkan Murphy, mendefinisikan segmentasi pasar sebagai suatu proses membagi sekeluruhan pasar (lingkungan) yang heterogen menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil dan homogen dengan kebutuhan yang relatif serupa yang diharapkan dapat dipenuhi oleh suatu perusahaan dengan baik.
Segmentasi pasar membantu perusahaan untuk membuat suatu produk yang spesifik dan memenuhi kebutuhan sebagian pasar yang menjadi targetnya, sehingga kegunaan segmentasi pasar untuk desain strategi pemasaran adalah sebagai berikut :
a.         Memperoleh posisi bersaing yang lebih efektif bagi merek-merek yang ada.
b.        Lebih mengefektifkan lagi posisi merek saat ini dengan bertumpu pada pasar yang terbatas
c.         Memisahkan posisi dua atau lebih merek dari perusahaan yang sama untuk meminimalisasi kanibalisme
d.        Mengidentifikasi gap dalam pasar yang menunjukkan peluang untuk mengembangkan produk baru.
Segmentasi pasar yang efektif harus memenuhi persyaratan berikut :
a.         Dapat diukur (measureability) : menunjukkan bahwa besar daya beli setiap segmen harus dapat diukur dengan tingkat tertentu, meskipun pada kenyataannya beberapa variabel tertentu tidak mudah diukur.
b.        Dapat dicapai (accessibility) : menunjukkan seberapa jauh segmen dapat dijangkau dan dilayani dengan efektif.
c.         Berarti (substantially) : suatu kelompok akan pantas disebut segmen apabila cukup besar dan atau cukup menguntungkan
d.        Layak (feasibility) : menunjukkan seberapa jauh program-program efektif dapat disusun untuk menarik minat segmen
Dalam melakukan segmentasi pasar terdapat prosedur yang biasa dilakukan dalam riset pemasaran, dimana tediri dari tiga tahap yaitu :
a.         Tahap survey
Para peneliti akan mengadakan wawancara dan membentuk tim fokus untuk menambah pengetahuan tentang motivasi, sikap dan perilaku konsumen dan untuk melakukan hal tersebut peneliti menyiapkan kuesioner formal untuk mengumpulkan data tentang :
a)      Atribut-atribut produk dan tingkat kepentingannya
b)      Perhatian merek (brand awareness) dan rating merek (brand ratings)
c)      Pola penggunaan produk
d)     Sikap berdasarkan kategori produk
e)      Demografik psikografik dan mediagrafik dari responden
b.        Tahap Analisis
Peneliti akan menggunakan analisis faktor terhadap data untuk memisahkan variabel yang berkorelasi tinggi, lalu dilakukan analisis pengelompokkan untuk menghasilkan segmen-segmen pasar 
c.         Tahap Pemberian Profil
Masing-masing kelompok akan diberikan profil yang berhubungan dengan sikap, perilaku, demografik, psikografik dan kebiasaan konsumsi media
2.         Target (Targeting)
Target (targeting) adalah memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki atau cara perusahaan mengoptimalkan suatu pasar dan dalam penentuan target pasar perusahaan harus menggunakan konsep prioritas, variabilitas dan fleksibilitas. Konsep prioritas dipakai karena perusahaan tidak bisa melayani semua orang dalam satu pasar. Konsep variabilitas digunakan untuk menghadapi situasi persaingan yang sudah semakin meningkat, karena perusahaan tidak bisa memberikan pelayanan yang sama kepada semua orang yang usah diprioritaskan. Semakin sama akan semakin tidak optimal, dan perusahaan dapat optimal dalam melayani orang jika bisa memberikan lebih banyak variasi. Konsep feksibilitas ada hubungannya dengan variasi tadi karena semakin fleksibel, suatu perusahaan bisa memberikan variasi tangpa banyak keluar ongkos tambah.
3.         Posisi (Positioning)
Pengertian positioning diberikan oleh beberapa ahli sebagai berikut :
a.         Menurut Don E. Schwitz
Positioning adalah bagaimana untuk meningkatkan sekaligus menempatkan produk yang kita buat terhadap pesaing kita dalam pikiran konsumen, dengan kata lain positioning dipakai untuk mengisi dan memenuhi keinginan konsumen dalam kategori tertentu
b.        Menurut Kotler
Sebuah tindakan dalam mendesain penawaran perusahaan dan image sehingga menciptakan tempat dan nilai tersendiri dalam pikiran konsumen.
c.         Menurut Al Ries dan Jack Trout
Positioning adalah segala sesuatu yang anda lakukan terhadap pikiran dari prospek, dengan kata lain anda menempatkan produk ke dalam alam pikiran proses anda
d.        Menurut David A. Aaker
Positioning merupakan kata lain dari “kesan”, dan kesan itu ditujukan kepada sejumlah obyek yang membentuk persaingan satu sama lain.
Jadi dapat disimpulkan positioning merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam mendesain produk-produk mereka sehingga dapat menciptakan kesan dan image tersendiri dalam pikiran konsumennya sesuai dengan yang diharapkan.
Beberapa strategi penentuan posisi (positioning) untuk menghadapi dunia persaingan adalah sebagai berikut :
a.         Penentuan posisi menurut atribut : Perusahaan memposisikan diri menurut atribut seperti ukuran, lama keberadaannya dan seterusnya
b.        Penentuan posisi menurut manfaat : Produk diposisikan sebagai pemimpin dalam suatu manfaat tertentu.
c.         Penentuan posisi menurut penggunaan atau penerapan : Memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah penggunaan atau penerapan
d.        Penentuan posisi menurut pemakai : Memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai.
e.         Penentuan posisi menurut pesaing : Produk memposisikan diri lebih baik daripada pesaing yang disebutkan namanya atau tersirat
f.         Penentuan posisi menurut kategori produk : Produk diposisikan sebagai pemimpin dalam suatu kategori produk
g.        Penentuan posisi kualitas atau harga : Produk diposisikan menawarkan nilai terbaik
Menurut Kotler terdapat 4 klasifikasi posisi perusahaan menurut peranannya dalam pasar sasaran, yaitu :
a.         Pemimpin pasar
Perusahaan ini memiliki pangsa pasar terbesar dan biasanya memimpin dalam perubahan harga, peluncuran produk baru, cakupan distribusi dan intensitas promosi.
b.        Penantang pasar
Posisi perusahaan ini berada setelah pemimpin pasar atau berada pada posisi kedua. Perusahaan ini dapat melakukan dua hal, mereka dapat menyerang si pemimpin pasar secara agresif untuk mendapatkan pangsa pasar (penantang pasar) atau mereka dapat tenang dan tidak menimbulkan gejolak (pengikut pasar).


c.         Pengikut pasar
Perusahaan model ini lebih suka mengikuti daripada menantang pemimpin pasar. Adapun hal-hal yang ditiru biasanya pada produk, distribusi dan iklan si pemimpin, tetapi meskipun strategi pemasarannya mengikuti si pemimpin pasar biasanya masih terdapat perbedaan dibanding si pemimpin pasar seperti harga, kemasan atau selain mengadaptasi kadang-kadang memperbaikinya.
d.        Penceruk Pasar
Alternatif dari pengikut pasar besar adalah pemimpin dalam pasar kecil atau ceruk (niche). Perusahaan kecil umumnya menghindari persaingan melawan perusahaan besar dan mengarah pasar kecil yang tidak menarik perusahaan besar dan ide dasar penceruk adalah spesialisasi













BAB III
PEMBAHASAN
A.      Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Strategi pemasaran yang direkomendasikan antara lain membuat age group dengan segmentasi yang tepat untuk mendapatkan pasar potensial. PT Cimory dapat mempertimbangkan kalangan muda yang aktif dan produktif sebagai pasar potensial untuk age group dewasa pada produk Cimory Yoghurt Drink. Pada bauran pemasaran 4P, strategi produk yang direkomendasikan adalah mempertahankan atribut yang menjamin adanya manfaat kesehatan dari Cimory Yoghurt Drink seperti kandungan nutrisi, pilihan rasa dan informasi produk. Penetapan harga yang terjangkau bagi konsumen dengan melakukan promosi penjualan pada saat tertentu untuk meningkatkan minat pembelian konsumen. Promosi penjualan juga diikuti dengan strategi promosi dalam bentuk iklan dan kehumasan seperti sponsorship.
Sasaran promosi adalah konsumen sebagai pengkonsumsi, pembeli (tidak untuk diri sendiri) dan pemberi pengaruh. Strategi distribusi dapat dilakukan dengan menambah saluran distribusi pada modern retail yang terletak dekat dengan lokasi tempat tinggal konsumen (residential area).
1.         Produk
PT Cimory memproduksi produk susu olahan yaitu Fresh Milk Cimory, Cimory Yoghurt Drink, Cimory Cheese Spread dan Cimory Set Yoghurt. Salah satu produk unggulan adalah Cimory Yoghurt Drink. Produk yoghurt drink dari PT Cimory diproduksi dari bahan baku Fresh Milk Cimory yang berbeda dari produk yoghurt lainnya yang terbuat dari susu skim dan susu bubuk. Selain itu, Cimory Yoghurt Drink juga memiliki volume cukup besar dibandingkan produk sejenisnya yaitu 250 mililiter. Cimory Yoghurt Drink juga memiliki delapan pilihan rasa buah yang lebih banyak dari produk sejenisnya yang hanya memiliki tiga hingga empat pilihan rasa.
Pilihan rasa Cimory Yoghurt Drink terdiri dari apple, grape, guava, orange, mango, strawberry, mix fruit dan lychee. PT Cimory menawarkan keunggulan produk pada pasar sebagai healthy and fresh drink. Perusahaan memiliki komitmen terhadap kualitas nutrisi produk di setiap produk. kualitas Cimory Yoghurt Drink sesuai dengan spesifikasi keamanan pangan dan standar kualitas yang ditetapkan. Hal tersebut dilihat dari adanya sertifikasi dari Hazard Analytical Critical Control Point (HACPP), label halal dan izin BPOM RI. Kualitas produk pada Cimory Yoghurt Drink ditunjukkan dengan kandungan nutrisi susu yang difermentasi dengan bakteri yang memilki manfaat kesehatan terutama kesehatan pencernaan.
Selain itu, produk Cimory Yoghurt Drink juga dapat dikonsumsi oleh penderita laktosa intoleransi. Cimory Yoghurt Drink juga menawarkan kesegaran minuman dalam berbagai pilihan rasa buah sesuai dengan selera konsumen. PT Cimory juga menyedikan layanan konsumen sebagai respon perusahaan terhadap keluhan konsumen pada produk Cimory. PT Cimory memiliki Costumer Care Center melalui layanan telepon yaitu 021-5890-4888. Layanan konsumen dijadikan sebagai salah satu fasilitas perusahaan kepada konsumen untuk dapat mendengarkan keinginan konsumen. PT Cimory memiliki komitmen yang baik terhadap kualitas produk sehingga keluhan konsumen terhadap produk Cimory dapat disampaikan melalui layanan telepon dan kemudian akan ditindaklanjuti jika keluhan konsumen sangat penting bagi peningkatan kualitas produk Cimory Yoghurt Drink.
2.         Price
Harga Cimory Yoghurt Drink ditawarkan berbeda pada Cimory Shop dan modern retail. Harga Cimory Yoghurt Drink di Cimory Shop adalah Rp 5.500,00 per botol sementara harga Cimory Yoghurt Drink di modern retail berkisar antara Rp 4.500,00 – Rp 5.500,00 per botol. Pihak manajemen perusahaan menyatakan bahwa selain ditetapkan dengan Cost of Good Manufacture, harga Cimory Yoghurt Drink di Cimory Shop ditetapkan dengan melihat nilai tambah dari tempat penjualan yang berada di kawasan Puncak.
Salah satu faktor yang mempengaruhi penetapan harga Cimory Yoghurt Drink di Cimory Shop adalah nilai tambah yaitu kenyamanan yang dijual dari pelayanan dan pemandangan yang dapat dinikmati langsung oleh konsumen. Selain itu, perusahaan juga melihat segmentasi konsumen yang ditetapkan perusahaan adalah kalangan ekonomi menengah ke atas. Harga yang diberikan PT Cimory kepada modern retail adalah Retail Buying Price (RBP) yang kemudian harga ditetapkan dengan Customer Buying Price (CBP) oleh modern retail. Harga yang diberikan oleh Perusahaan kepada modern retail lebih rendah dari harga yang ada di Cimory Shop dengan strategi untuk menjangkau konsumen lebih banyak. Hal tersebut juga didukung dengan strategi harga yang diterapkan oleh modern retail untuk mendapatkan konsumen. Harga Cimory Yoghurt Drink yang bervariasi di modern retail juga disebabkan adanya strategi mendapatkan konsumen melalui promosi harga di antara modern retail.
3.         Distribusi (Saluran Pemasaran)
Distribusi Cimory Yoghurt Drink dilakukan oleh PT Macrosentra Niagaboga yang juga tergabung dalam Macro. Cimory Yoghurt Drink didistribusikan ke modern retail di daerah Jabodetabek dan kota-kota besar di Pulau Jawa dan Bali. Modern retail tersebut antara lain Giant, Carrefour, Ranch, Market, Makro, Foodmart, Circle K dan Indomaret. Distribusi menggunakan cooler truck agar kualitas produk tetap terjaga hingga tempat tujuan. Pemilihan saluran distribusi berupa modern retail bertujuan untuk mendapatkan konsumen lebih banyak. Selain itu, Cimory Yoghurt Drink juga terdapat di Cimory Shop yang menjadi outlet penjualan yang berada di lokasi yang berdekatan dengan Cimory Milk Factory dan restoran Cimory. Cimory Shop menjadi salah satu fasilitas yang diberikan kepada konsumen untuk merasakan kesegaran langsung dari produk yang terkadang tidak diperoleh dari modern retail.

4.         Promosi
Saat ini promosi Cimory Yoghurt Drink yang dilakukan oleh perusahaan adalah melalui promosi penjualan yaitu free sample dan promosi below the line yaitu melalui Dairy Educational Tour. Perusahaan belum memiliki anggaran promosi yang cukup untuk melakukan iklan dimedia cetak atau media televisi. Salah satu media promosi yang dinilai cukup efektif adalah Dairy Educational Tour yang merupakan pemberian informasi tentang produk susu mulai dari hulu hingga hilir kepada anak-anak usia sekolah dan instansi serta komunitas. Selain pemberian informasi, perusahaan juga menyelipkan promosi produk Fresh Milk Cimory dan Cimory Yoghurt Drink. Media promosi ini efektif dalam promsosi yang persuasif dari anak-anak ke orangtuanya untuk membeli produk Cimory.

B.       STP (Sementation, Targeting, Positioning)
1.         Segmentation
Segmenting merupakan sesuatu yang penting dalam memasarkan produk. Hal ini dikarenakan segmenting memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumberdaya. Segmenting juga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai peta kompetisi, dan dapat menentukan posisi  produk PT.Cimory sehingga dapat mengalahkan pesaing.
Pada pemasaraan produk Yoghurt Cimory, perusahaan melihat berdasarakan varian produik dan segmentaasi pasar untuk memberi kepuasan pada pelanggan. Jadi, kesimpulan dari peneliatian yang telah dilakukan faktor pemasaran produk Yoghuurt Cimory, segmentasi pasarnya, dan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sementasi pemasarannya telah dilakuakan berdasarkan faktor geografis yaitu mulai dari daerah Bogor dan sekitarnya. Namun saat ini pemasran produknya sudah meluas ke sector nasioanal, artiny produk Yoghurt Cimory sudah ada hampir di seluruh Indonesia.
2.         Targetting
Produk-produk di PT Cisarua Mountain Dairy diproduksi sesuai dengan target produksi harian yang akan dicapai. Bisnis pengolahan susu PT Cimory sendiri tidak dilengkapi pabrik dengan peternakan, sebab tujuan utama PT Cimory adalah memberdayakan peternak dan menyejahterahkan mereka. Namun demikian PT Cimory tetap optimis bahwa para peternak sapi dapat memenuhi kebutuhan produksi susu yang direncanakan. Tahun 2013 ini PT Cimory melakukan pengembangan bisnis dengan membuat pabrik susu baru di kawasan Sentul, Jawa Barat. Untuk tahap awal, dilansir kapasitas produksinya baru bertambah 2 kali lipat dari produksi sebelumnya. Ditargetkan perluasan pabrik selesai seluruhnya pada 2015 dengan kapasitas mencapai 8 kali lipat. 
3.         Positioning
Langkah yang paling akhir dari pemasaran sasaran adalah menentukan positioning produk. Positioning merupakan salahsatu strategi yang berusaha menciptakan diferensiasi yang unik dalam benak pelanggan sasaran sehingga terbentuk citra produk yang lebih unggul dibandingkan dengan produk pesaing.  PT.Cimory sukses dengan melakuakn inovasi dan positioning yang berbeda dengan Industri Pengolahan Susu (IPS) besar lainnya di pasar susu cair. Industri besar tersebut antara lain adalah PT Nestle Indonesia, PT Frisian Flag Indonesia, PT Sari Husada, PT Indomilk, PT Ultrajaya, serta PT Indolakto. 


























BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
PT.Cimory dalam memasrakan produknya menerapkan manajemen pemasaran yaitu Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dan STP (Segmentation, Targetting, dan Position). Melalui penerapan menajemen tersebut, PT.Cimory terus melakukan inovasi dan kreatifitas untuk dapat bersaing dengan produk laris lainnya. Salah satu upaya tersebut adalah adanya resto dan shop milik PT.Cimory sendiri, di daerah Cisarua, Bogor. Selain itu juga varian rasa dari Yoghurt Cimory Drink ada beberapa pilihan seperti rasa apel, anggur, jambu, mangga, dll.



















DAFTAR PUSTAKA




6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Halo kak... Penelitian mengenai Cimorynya bagus. Mohon izin sy mau gunakan bbrp infonya utk tugas UTS saya mengenai perusahaan besar di Indonesia boleh kah? dan kl boleh tau, metode penelitiannya kaka menggunakan metode apa ya kak? makasih

    BalasHapus
  3. makasih banyak ya izin mengambil beberapa materi untuk tugas entreprenuer sekolah

    BalasHapus


  4. 365SBOBET | Agen Sbobet Resmi Layanan Agen Slot Online Terpercaya Indonesia

    Agen Sbobet adalah situs taruhan secara daring. 365BOBET beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation

    agen sbobet
    365sbobet
    sbobet
    sbobet online
    situs sbobet
    situs sbobet online
    situs agen sbobet
    situs agen sbobet online
    agen slot
    slot
    slot online
    situs slot
    situs slot online
    situs agen slot
    situs agen slot online


























































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































    BalasHapus
  5. Bagus banget tulisannya lengkap juga

    BalasHapus