Senin, 29 Agustus 2016

contoh laporan pertanggungjawaban PDI Perjuangan


BAB I PENDAHULUAN

Kepengurusan Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Kestalan dimulai dengan semangat kebersamaan semua kader. Semangat kebersamaan ini bertujuan untuk memajukan kinerja partai dan lebih mewujudkan kepedulian kepada permasalahan masyarakat di Kelurahan Kestalan utamanya dan Kota Surakarta pada umumnya. Dalam perjalanannya dan dengan segala keterbatasaanya, Pengurus ranting mampu mampu mewujudkan secara riil semangat tersebut yang dibingkai oleh jati diri partai yakni : kerakyatan, kebangsaan dan keadilan social. Namun ada pula hal-hal yang masih perlu diperbaiki dikemudian hari oleh pengurus baru periode mendatang.
Pengurus Ranting Periode Tahun 2010 – 2015 bersama dengan kader simpatisan PDI Perjuangan Kelurahan Kestalan melibatkan diri, secara proaktif dalam beberapa events politik nasional dan kota untuk keperntingan partai. Diantaranya adalah Pemilihan Gubernur 2013, Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2014, serta Pemilihan Kepala Daerah Kota Surakarta 2015. Dalam events tersebut terbukti keluarga besar PDI Perjuangan Kelurahan Kestalan mampu bekerja sama secara internal maupun dengan rekan-rekan seperjuangan diluar wilayah Kelurahan Kestalan dengan sangat baik.
Oleh karena itu dalam kesempatan ini dan melalui Laporan Pertanggungjawabn ini segenap Pengurus Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Kestalan menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan mendalam, sekaligus permohonan maaf, kepada para tokoh, simpatisan dan anggota PDI Perjuangan Kelurahan Kestalan, kepada PAC Kecamatan Banjarsari, DPC Kota Surakarta dan semua pihak atas bantuan, bimbingan dan berbagai bentuk dukungannya. Semoga diwaktu mendatang PDI Perjuangan Kelurahan Kestalan lebih maju dan dicintai oleh segenap warga masyarakat.







BAB II LAPORAN KEGIATAN

Laporan kegiatan ini kami sampaikan secara ringkas dan kami kelompokkan menjadi 2 kelompok kegiatan utama yaitu :
Kegiatan Internal dan Kegiatan External
1.        Kegiatan Internal
·                Rapat Pengurus
Pada tahun pertama dan kedua pengurusan bisa kami selenggarakan rapat pengurus bulanan. Namun dalam perjalaanan karena kesibukan sehari-hari, kesibukan dalam lembaga kemasyarakan dan agenda partai yang sangat padat. Pengurus ranting menyikapi dengan mengadakan rapat insidentil mengikuti agenda partai terutama tingkat kota (DPC)

·                Pendataan Anggota dan Pembuatan Kartu Tanda Anggota
Ranting             :   
Anak ranting      :   
Satgas              :   

·                Satuan Tugas (Satgas)
Pengurus Ranting berpandangan bahwa Satgas merupakan salah satu alat kelengkapan partai yang strategis dalam interaksi partai dengan masyarakat. Diawal tahun kepengurusan kami melakukan pendaftaran ulang anggota Satgas dan didapati 45 orang mendaftarkan diri, pengadadan seram baru segera kami wujudkan agar Satgas bias segera melaksanakan tugas-tugas partai. Dalam kenyataannya, ditengah kesibukan pribadi dan keluarganya, sebagian besar anggota Satgas tersebut loyal kepada tugas partai dan menunjukan kedisiplinan serta sikap yang bertanggungjawab terhadap citra partai.
Kegiatan Satgas PDI Perjuangan Ranting Kestalan secara garis besar adalah dalam hal pengamanan dan kelancaran acara-cara resmi maupu ntidak resmi partai (Musyawarah, Konferensi, Kunjungan Pejabat Partai, Ulang Tahun Partai, Dll) dan acara sosial kemasyarakatan (pesta pernikahan warga, idul fitri, natal, tahun baru, upacara kematian warga, persiapan pemilu/ pilkada dll). Sekalipun Satgas Ranting Kestalan tidak memiliki Posko, namun koordinasi, kekompakan internal Satgas dan dengan Pengurus Ranting serta dengan masyarakat terwujud nyata.

·                Agenda Partai
Pengurus Ranting, Anak Ranting, Satgas dan simpatisan partai turut berpartisipasi secara proaktif dalam, porsinya masing-masing dalam agenda kegiatan partai berikut ini : Ulang Tahun Partai, Musransus, Munsancabsus dan Rakercabsus menyongsong Pemilu Legislatif 2014 sebagai PPS, Ketua TPS, saksi dalam : Pelaksanaan Pemilihan Gubernur 2013, Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden 2014, Pemilihan Kepala Dasrah 2015.
Keterlibatan aktif kami juga dalam Musransus/ Musancabsus dalam rangka Kongres/ Konferda dan Konfercab serta rapat-rapat rutin maupun insidentil yang diselenggarakan partai ditingkat Kecamatan maupun Kota.

2.        Kegiatan External
·                Layatan (upacara kematian warga)
·                Pesta (perkawinan warga, natal)
·                Penugasan dalam lembaga kemasyarakatan (LPMK, Panitia Pelaksana Pembangunan, Karangtaruna, Kelompok Sadar Wisata)
·                Menjadi Panitia Pemungutan Suara, Ketua/ anggota KKPS, Saksi Pemilihan Gubernur 2013, Pemilu Legislatif 2014, Pilpres 2014 dan Pilkada 2015






BAB III PENUTUP


Demikian Laporan Pertanggungjawaban ini kami susun dan sampaikan dengan sikap rendah hati. Kami menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan sleama kepengurusan kami. Namun demikian kekurangan ini terjadi semata karena factor ketidakmampuan kami dan bukan karena didsari niat yang tidak baik. Oleh karena itu Pengurus Ranting PDI Perjuangan Kelurahan Kestalan berharap agar laporan Pertanggungjawaban ini bias diterima oleh para peserta Musyawarah Ranting dan selanjutnya bias menjadi salah satu bahan untuk pengembangan partai dimasa mendatang. Terim kasih dan merdeka.


Pengurus Ranting PDI Perjuangan
Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Ketua                   :   Firmanto                            ...............................
Wakil Ketua I        :   Mujiono                             ...............................
Wakil Ketua II       :   Diyah Sukmawati                 ...............................
Wakil Ketua III      :   Lambang Suryoko SH           ...............................
Wakil Ketua IV       :   Novi Mayamali Saputra         ...............................
Sekretaris             :   Wahyu Joko Prasetyo           ...............................
Wakil Sekretaris     :   Agus Sudarmanto                ...............................
Bendahara            :   Sani Ari                              ...............................
Wakil BEndahara    :   Sri Bambang Rudi Prakoso     ...............................




Ketua





                                      




LAPORAN KEUANGAN


No
Tahun
Pendapatan
Pengeluaran
Keterangan
1
2012


2
2013


3
2014


4
2014


5
2015



Jumlah






Ketua





                             

Bendahara





                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar